Suatu lembaga pendidikan yang mempunyai 100 murit, diketahui 54 murit belajar matematika, 69 murit belajar sejarah dan 35 murid belajar keduanya. bila seorang murit dipilih secara acak hitunglah peluangnya jika:
a. Murid tersebut mengambil keduanya.
b. Murid tersebut tidak mengambil keduanya
c. Murid tersebut mengambil sejarah tapi tidak matematika.
(Point 3) diutamakan yang belum pernah dapat point!!!!!!!!
Quist Number 6 For Probability Theorems
Wednesday, May 01, 2013
Posted by DeddliawaN IsmaiL at 8:32 PM
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
8 comments:
dik :
54 murid memilih mtk
69 murid memilih sejarah
35 murid memilih keduanya
jawab :
a) peluang murid yg memilih keduanya :
100C35 = 100!/65!35!
b) peluang murid yang tidak memilih keduanya :
murid yg memilih keduanya : 35
murid yg hanya memilih mtk : 54-35 = 19
murid yg hanya memilih sejarah : 69-35 = 34
murid yang tidak memilih keduanya :
100-(35+19+34) = 22
maka, peluang murid yg tidak memilih keduanya :
100C22 = 100!/88!22!
c) Peluang murid yang hanya memilih sejarah :
100C34 = 100!/76!34!
Maylia Murni
201210060311036
N(S)= 100
misal
A= matematika = 54
B= sejarah = 69
C= matematika dan sejarah = 35
a) P(C)= 35/100
b) hanya mengambil matematika=54-35=19
hanya mengambil sejarah=69-35=34
tidak mengambil keduanya = 100-19-35-34=12
jadipeluang murid tersebut tidak mengambil keduanya adalah 12/100
c) peluang hanya mengambil sejarah adalah 34/100
maaf pak lupa nulis nama
yang comment ke 2
rafika rahmawati
201210060311018
Diketahui: n(S)=100
Murid yang belajar matematika = 54 – 35 = 19
Murid yang belajar sejarah = 69 – 35 = 34
Murid yang belajar keduanya = 35
murid yang tidak belajar keduanya = 100 – (19 + 34 +35) = 12
Ditanya: bila seorang murid dipilih secara acak hitunglah peluangnya jika,
a. Murid tersebut mengambil keduanya.
b. Murid tersebut tidak mengambil keduanya
c. Murid tersebut mengambil sejarah tapi tidak matematika
Jawab:
a. peluang murid tersebut mengambil keduanya
=35C1/100C1
=35/100
=7/20
=0,35
Jadi, peluang murid tersebut mengambil keduanya adalah 0,35
b. peluang murid tersebut tidak mengambil keduanya
=12C1/100C1
=12/100
=3/25
=0,12
Jadi, peluang murid tersebut tidak mengambil keduanya adalah 0,12
c. peluang murid tersebut mengambil sejarah tapi tidak matematika
=34C1/100C1
=34/100
=17/50
=0,34
Jadi, peluang murid tersebut tidak mengambil keduanya adalah 0,34
Rifna Dwi Hapsari (022/Matkom IIA)
Diketahui: n(S)=100
Murid yang belajar matematika = 54 – 35 = 19
Murid yang belajar sejarah = 69 – 35 = 34
Murid yang belajar keduanya = 35
murid yang tidak belajar keduanya = 100 – (19 + 34 +35) = 12
Ditanya: bila seorang murid dipilih secara acak hitunglah peluangnya jika,
a. Murid tersebut mengambil keduanya.
b. Murid tersebut tidak mengambil keduanya
c. Murid tersebut mengambil sejarah tapi tidak matematika
Jawab:
a. peluang murid tersebut mengambil keduanya
=35C1/100C1
=35/100
=7/20
=0,35
Jadi, peluang murid tersebut mengambil keduanya adalah 0,35
b. peluang murid tersebut tidak mengambil keduanya
=12C1/100C1
=12/100
=3/25
=0,12
Jadi, peluang murid tersebut tidak mengambil keduanya adalah 0,12
c. peluang murid tersebut mengambil sejarah tapi tidak matematika
=34C1/100C1
=34/100
=17/50
=0,34
Jadi, peluang murid tersebut mengambil sejarah tapi tidak matematika adalah 0,34
Rifna Dwi Hapsari (022/Matkom IIA)
Diketahui :
54 murid belajar matematika
69 murid belajar sejarah
35 murid belajar keduanya
n(S) = 100
Maka,
murid hanya belajar matematika
= 54 – 35
= 19
murid hanya belajar sejarah
= 69 – 35
= 34
murid tidak memilih belajar keduanya = 100–(19+34+35)
= 12 murid
jawab :
a. peluang murid mengambil keduanya
= (35 C 1)/(100 C 1)
= ((35 x 34!)/(1 x 34!))/((100 x 99!)/(1 x 99!))
= (35 )/(100 ) = 0,35
b. peluang murid tidak mengambil keduanya
= (12 C 1)/(100 C 1)
=((12 x 11!)/(1 x 11!))/((100 x 99!)/(1 x 99!))
= 12/100
= 0,12
c. peluang murid mengambil sejarah tapi tidak matematika
= (34 C 1)/(100 C 1)
=((34 x 33!)/(1 x 33!))/((100 x 99!)/(1 x 99!))
= 34/100
= 0,34
by. Ratna Anggita Sari (201210060311027)
Dik :
Jumlah semua murid (n(S)) : 100
Belajar matematika (n(A)) : 54
Belajar sejarah (n(B)) : 69
Belajar matematika dan sejarah (n(A⋂B)): 39
Dit :
Peluang :
a. Mengambil keduanya ( P(AᴜB))= ...?
b. Tidak mengambil keduanya (P((AᴜB) ̅))= ... ?
c. Sejarah tapi bukan matematika (P(C))= ... ?
Jawab :
Dari soal kita dapat mencari :
P(A) = 54/100=0,54
P(B) = 69/100 = 0,69
P(A⋂B) = 39/100 = 0,39
Maka :
a. P(AᴜB)=P(A)+P(B)-P(A⋂B)
= 0,54+0,69–0,39
= 0,84
b. P((AᴜB)c)=1-P(AᴜB)
=1-0,84
=0,16
c. Siswa yang mengambil sejarah tapi bukan matematika = 69 – 39 = 30
P(C) = 30/100 = 0,3
eka indriani
Diketahui
100 murid dimana
54 belajar mtk
69 belajar sejarh
35 bljr keduanya
Ditanyakan
A.Peluang murid mengambil keduanya?
B.Peluang murid tdk mengambil keduanya?
C.Peluang murid mengambil sejarah tp tdk mtk?
Jawab
Misalkan
X = murid yg hanya blj mtk
Y = Mrd yg hanya blj Sejrh
Z = Mrd bljr keduanya dan
Q = Mrd tdk bljr keduanya.
X = 54- 35 = 19
Y = 69- 35 = 34
Jadi X = 19, Y= 34 dan Z= 35 maka
A.P(Z) = 35/100 = 0,35
B.P(Q) = 1- 0,35= 0,65
C.P(Y) = 34/100 = 0,34
by Ahmad Taufik 201210060311004 Matkom 2a
Post a Comment